BARABAS BEBAS & BERAKHIR DI KUBURAN?

Edisi : Minggu, 27 Maret 2016

BARABAS BEBAS

Bacaan Alkitab: Matius 27:11-26
Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus dicambuknya lalu diserahkannya untuk disalibkan. (Matius 27:26)

Namanya Yesus Barabas. Ia terkenal karena kejahatannya sehingga harus dipenjara. Pilatus sedang berusaha melepaskan Yesus Kristus melalui tradisi pembebasan seorang hukuman pada hari raya itu. Ia menghadapkan mereka kepada massa yang sedang marah, dengan harapan mereka memilih membebaskan Yesus Kristus. Tetapi ia salah. Orang banyak memilih Barabas.

Pada Jumat itu, Kristus menjalani hukuman-Nya: dicambuk, dihina, diolok-olok, dimahkotai duri, dipukul, diludahi, ditelanjangi, dan disalibkan. Dia dijadikan tontonan. Jika Barabas yang telah bebas menyaksikan semuanya itu, ia patut bersyukur. Kristus telah menggantikannya dan mengambil alih tempatnya. Jika saja orang banyak tidak memilihnya, ialah yang sedang menjalani hukuman pada Jumat yang kelam itu.

Kita mungkin berpikir alangkah beruntungnya Barabas itu. Begitulah kenyataannya. Namun kita harus menyadari bahwa kita jauh lebih beruntung darinya. Sebenarnya, sama seperti Barabas, kita harus menjalani semua siksaan dan penderitaan yang Yesus tanggung. Bukan prajurit Roma, bukan hasutan para imam dan pemimpin agama Yahudi, dan bukan pengkhianatan Yudas yang membawa Yesus ke tiang gantungan, melainkan dosa kita.
Dia dihukum supaya kita dapat dibebaskan. Dia mati supaya kita dapat hidup. Kasih-Nya yang menjadi alasan Dia memilih jalan itu. Barabas hanya terlepas dari penjara dan hukuman gantung di tiang salib, tetapi kita, oleh iman kepada Kristus, dilepaskan dari hukuman kekal, dan mewarisi kehidupan abadi di surga bersama Dia.

KRISTUS MATI BAGI KITA, SUPAYA KITA HIDUP BAGI DIA

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2016/03/25/renungan-sore-25032016

BERAKHIR DI KUBURAN ?

 Bacaan Alkitab: Yohanes 19:38-42
Karena hari itu hari persiapan orang Yahudi, sedangkan kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat Yesus di situ. (Yohanes 19:42)

 Setelah mengebumikan seorang anggota jemaat, kami berhenti di sebuah makam baru. Beberapa minggu sebelumnya, seorang gadis berumur dua puluh tahunan dikubur di sana. Orang mungkin mengira betapa malangnya gadis itu. Namun, mereka yang mengenalnya akan bercerita dengan sukacita.

Gadis itu lahir dalam keluarga non-Kristen. Ia sakit parah bertahun-tahun. Lalu tim dari gereja kami melayaninya sehingga ia percaya Yesus. Ia tetap sakit, tetapi selalu bersukacita. Ia pun meninggal dengan tenang. Orangtuanya sangat terkesan dengan iman putri mereka sehingga beberapa minggu kemudian, mereka meminta agar dibuka pos kebaktian di rumah mereka. Mereka hendak belajar tentang Alkitab.

Ketika Yusuf dari Arimatea dan Nikodemus menguburkan mayat Yesus, murid-murid mengira kisah Yesus sudah berakhir. Semua pengajaran dan tanda ajaib-Nya selama ini akan menjadi kenangan. Kuburan itu menelan semua harapan mereka. Mereka tidak menyadari Allah sedang bekerja di balik semua itu. Dia seperti tukang tenun yang telah menetapkan sebuah pola yang sempurna. Manusia tidak selalu memahami-Nya. Bahkan ketika Dia seolah tidak berbuat apa-apa, sebenarnya Dia sedang bekerja. Dia sedang menggenapi rencana-Nya untuk keselamatan umat manusia. 

Apakah Anda sedang merasa Allah berdiam diri dan tidak berbuat apa-apa dalam hidup Anda? Apakah Anda merasa segalanya telah berakhir dan tidak ada pengharapan? Tetaplah percaya kepada-Nya dan belajarlah mengerti rencana-Nya: Dia selalu merancangkan yang terbaik untuk Anda.

BAHKAN DALAM DIAM DAN KEHENINGAN, ALLAH SEDANG BEKERJA

sumber:  https://gbimutiara.wordpress.com/2016/03/26/renungan-sore-26032016

Posted on 27/03/2016, in Warta. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: