SIKAP BERTOBAT

Bacaan Alkitab Sore 24 Maret 2016: Lukas 19:1-10

Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan, “Tuhan, lihatlah, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” (Lukas 19:8)

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-Hakim 6-7

Ikan bebas berenang, termasuk ketika harus melawan arus. Hanya ikan yang mati yang akan hanyut terbawa arus. Dalam hal berenang, ikan mendayagunakan sebaik mungkin keadaan air untuk bergerak menurut tujuannya. Ia tidak dipengaruhi dan dikendalikan oleh arus air; sebaliknya, ia memanfaatkan arus air bagi kepentingannya.

Kira-kira seperti ikan itulah hubungan kita dengan arus dunia ketika kita bertobat. Kita tidak lagi dikuasai arus dunia, kita bisa bebas melangkah meninggalkan kebiasaan buruk dan gaya hidup berdosa yang mengikat dan membelenggu kita. Kita dimampukan untuk menjalani gaya hidup yang baru.

Yesus telah membebaskan dosa-dosa kita dan memberi jaminan hidup yang kekal. Sekarang kita diberi kuasa atas pengaruh dunia dan dimampukan untuk melawan keinginan daging dan kebiasaan buruk. Lihatlah Zakheus. Ia tidak merasa terhakimi oleh orang-orang yang berkata bahwa dirinya orang berdosa dan tidak pantas menerima Yesus di rumahnya. Dan, kehadiran Yesus ternyata mengubah sikap Zakheus secara radikal. Ia menjadi orang yang murah hati (ay. 8).

Itulah buah pertobatan yang dihasilkan oleh Zakheus. Bagaimana dengan kita? Apakah kita masih membenci sesama, tidak mau mengampuni, berprasangka buruk terhadap orang lain, hidup dalam kecemaran dosa masa lalu? Marilah kita bertobat dan berbuah dalam kehidupan kita. Jangan katakan kita tidak bisa. Roh Kudus yang diberikan di dalam diri kita akan mengerjakan buah Roh-Nya di dalam hidup kita.

PERTOBATAN ADALAH PERUBAHAN PIKIRAN YANG BERDAMPAK
PADA PERUBAHAN SIKAP DAN GAYA HIDUP

sumber: http://www.renunganharian.net/2016/75-maret/1726-sikap-bertobat.html

Posted on 24/03/2016, in Renungan Sore. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: