MELUPAKAN MASA LALU & KASIH KARUNIA AJAIB

Edisi : Minggu, 13 Maret 2016

MELUPAKAN MASA LALU

Bacaan Alkitab Kejadian 50:15-21

Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar. (Kejadian 50:20)

Oprah Winfrey mengaku dilecehkan secara seksual oleh pamannya sendiri pada waktu masih sangat kecil. Sebuah pengalaman yang jelas sangat menyakitkan. Sebuah kenangan masa lalu yang kelam. Akan tetapi, ia sudah mengalami kesembuhan batin dan berani mengungkapkan hal itu untuk memotivasi orang yang mengalami kejadian serupa. Ia juga dikenal sebagai salah satu pembawa acara televisi paling terkenal di dunia.

Menurut saya, perkataan Yusuf dalam Kejadian 50:20 adalah salah satu perkataan yang menunjukkan kebesaran hati. Perkataan itu selaras dengan perkataan Yesus di kayu salib, “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat!” Tidak mudah bagi Yusuf mengatakan hal itu. Saudara-saudaranya telah membuangnya sehingga ia harus hidup tersiksa sebagai budak dan kemudian dipenjara. Ulah mereka membuatnya menderita selama belasan tahun, namun Yusuf memutuskan untuk mengampuni mereka.

Apakah pelajaran yang dapat kita petik dari sikap Yusuf ini? Kita perlu melupakan masa lalu yang sulit, dan mengingat kebaikan Tuhan. Kita percaya bahwa di dalam kesulitan ada buah yang manis saat kita tetap bersandar kepada firman Tuhan. Meskipun kita menghadapi kesulitan, Tuhan senantiasa menyertai dan menguatkan kita.

Jika kita mengalami masa lalu yang kelam, bersyukurlah karena kita telah melewatinya bersama dengan Tuhan. Kiranya hal itu menjadi kesaksian yang baik untuk menolong saudara seiman, yang mungkin mengalami masalah serupa.

KITA DAPAT MENGGANTIKAN KENANGAN KELAM MASA LALU
DENGAN MENGINGAT KEBAIKAN TUHAN DALAM MENYERTAI KITA

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2016/03/11/renungan-sore-11032016

KASIH KARUNIA AJAIB

Bacaan Alkitab: Efesus 2:1-10

Sebab karena anugerah kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu, supaya tidak ada orang yang memegahkan diri. (Efesus 2:8-9)

Dalam konferensi perbandingan agama di Inggris, para ahli memperdebatkan keunikan iman kristiani. Inkarnasi? Kebangkitan? Agama lain memiliki versi serupa. Perdebatan berlangsung sampai C.S. Lewis memasuki ruangan. “Apakah yang sedang diributkan ini?” tanyanya. Setelah dijelaskan, Lewis menjawab, “Oh, itu mudah sekali. Itu adalah kasih karunia.”

Setelah mendiskusikannya, para peserta konferensi menyepakatinya. Gagasan tentang kasih Allah yang tercurah bagi kita secara cuma-cuma dan tanpa pamrih tampaknya bertentangan dengan pemikiran manusia. Ajaran agama pada umumnya menekankan bahwa kita harus berbuat baik agar diperkenan oleh Allah. Sebaliknya, hanya kekristenan yang berani menyatakan bahwa Allah mengasihi kita tanpa syarat.

Kisah yang dituturkan Philip Yancey dalam What’s So Amazing About Grace itu menegaskan keajaiban kasih karunia Allah. Allah menyelamatkan kita tanpa menuntut pembayaran, melainkan mengaruniakannya secara cuma-cuma. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperoleh keselamatan.

Lalu, bagaimana kita menerimanya? “Sebab karena anugerah kamu diselamatkan oleh iman” (ay. 8). Apakah iman itu? Iman adalah “mata yang tertuju kepada Yesus” (Ibr. 12:2). Yesuslah yang menyediakan keselamatan bagi kita. Dia menjadi Juruselamat, Pemberi hidup yang kekal, Pengganti kematian kita, Pengantara, dan Raja yang kekal. Saat kita menerima kasih karunia-Nya, Dia menjadi keselamatan kita, yang membangkitkan iman kita dan memeliharanya sampai akhir.

HENDAKLAH PANDANGAN KITA TERTUJU KEPADA YESUS;
DIALAH YANG MEMBANGKITKAN DAN MEMELIHARA IMAN KITA

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2016/03/12/renungan-sore-12032016

Posted on 13/03/2016, in Warta. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: