MEMBIMBINGNYA MENGENAL ALLAH & BALAS BUDI

Edisi : Minggu, 28 Februari 2016

MEMBIMBINGNYA MENGENAL ALLAH

Bacaan Alkitab: Ulangan 6:4-9
Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.(Ulangan 6:7)

Sebelum naik perahu, putri kami yang belum genap lima tahun ditanya oleh sepupunya yang jauh lebih besar, “Kamu bisa berenang tidak? Kalau perahunya terbalik bagaimana? Nanti kamu tenggelam.” Ia menjawab, “Biar saja. Nanti saya minta tolong Tuhan kirim ikan seperti Yunus.” Senang sekali mendengar jawaban itu. Dengan polos, ia menghubungkan kisah Alkitab yang didengarnya sebelum tidur dengan kehidupan sehari-hari. Itu berarti, putri kecil kami memiliki iman sederhana kepada Allah yang mampu menyelamatkan. Ia telah belajar mengenal Allah.

Tugas mendidik anak dalam kerohanian terutama terletak pada pundak orangtua, bukan pada orang lain. Tetapi sayang, tidak semua orangtua Kristen memahami hal ini. Tidak jarang mereka mengeluhkan kelakuan buruk anak-anaknya kepada hamba Tuhan atau guru Sekolah Minggu, seolah-olah para pengurus gerejalah yang telah lalai dan harus bertanggung jawab. Bukankah anak-anak tumbuh di dalam pengawasan dan rumah kita sendiri? Itu berarti ada banyak kesempatan dalam keseharian kita untuk memperkenalkan Tuhan kepada mereka. Sebut saja: berdoa sebelum makan, menceritakan kisah Alkitab sebelum tidur, meminta pertolongan Tuhan ketika sakit, menegur ketika ada kebohongan, menyanyikan lagu-lagu rohani, dan sebagainya.

Kalau untuk keperluan jasmani kita berusaha sekuat tenaga mencukupkannya, mengapa untuk hal rohani tidak? Mari berusaha dengan giat menanamkan iman yang benar kepada anak-anak kita. Sebab itu adalah kewajiban, bukan pilihan.

PEMBERIAN TERBAIK ORANGTUA KEPADA ANAK
ADALAH MEMBIMBINGNYA MENGENAL ALLAH

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2016/02/27/renungan-sore-27022016

BALAS BUDI

Bacaan Alkitab: Kejadian 40:1-23
Tetapi Yusuf tidaklah diingat oleh kepala juru minuman itu, melainkan dilupakannya. (Kejadian 40:23)

Rekan gereja kami mengalami kesulitan keuangan. Saya mengajak istri membantunya. Saya menambahkan bahwa mereka pernah membantu kami sehingga kami harus menolong mereka. Istri saya menjawab, “Apakah memang kita perlu membantunya hanya karena mereka pernah menolong kita?” Perkataan itu membuat saya merenung tentang arti perbuatan baik dan balas budi.

Dalam realitas kehidupan, kita sering berbuat baik karena kita berutang budi atas kebaikan orang lain. Kita membalas budi. Sebaliknya, tidak jarang pula, kita mengharapkan balasan kebaikan atas kebaikan yang pernah kita berikan kepada orang lain. Kita menuntut balas budi dari orang lain yang pernah kita tolong. Yusuf ketika di dalam penjara pernah mengharapkan balas budi dari kepala juru minuman yang sudah ditolongnya (ay. 14). Ia berharap juru minuman raja segera melepaskannya dari penjara. Namun, kenyataannya kebaikan Yusuf baru diingat setelah dua tahun berlalu (Kej. 41:1). Tuhan Yesus sendiri mengajarkan, agar kita tidak menuntut balasan kasih dari orang-orang yang telah kita kasihi (Luk. 6:33).

Mungkin kita pernah mengharapkan kebaikan dari orang yang pernah kita tolong sebelumnya. Dan jika orang tersebut tidak kunjung membalas semua kebaikan tersebut, kita menjadi kecewa. Atau sebaliknya, kita menolong orang lain karena orang tersebut pernah menolong kita sebelumnya. Apakah kita masih melakukan kebaikan dengan dasar demikian? Bukankah Allah mengajarkan kita untuk mengasihi tanpa pamrih?

BALAS BUDI ADALAH PENGATURAN TUHAN. DIA TAHU KAPAN
DAN SIAPA YANG AKAN MEMBALAS KEBAIKAN TERSEBUT

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2016/02/26/renungan-sore-26022016/

Posted on 28/02/2016, in Warta. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: