BERPEGANG PADA KEBENARAN

Bacaan Alkitab Sore 18 Februari 2016: Matius 5:33-37

Jika ya, hendaklah kamu katakan: Ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: Tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat. (Matius 5:37)

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 12-13

Plus kali plus sama dengan plus. Menyatakan benar tentang hal yang benar adalah sebuah kebenaran. Minus kali minus sama dengan plus. Menyatakan salah tentang sesuatu yang salah adalah kebenaran. Minus kali plus sama dengan minus. Menyatakan salah terhadap sesuatu yang benar adalah sebuah kesalahan. Plus kali minus sama dengan minus. Menyatakan benar tentang hal yang salah adalah sebuah kesalahan.

Orang cenderung memilih menyelamatkan diri sekalipun harus melakukan dosa. Mereka jauh lebih takut kehilangan harta, jabatan, kehormatan dan teman daripada berpegang pada kebenaran. Bahkan demi pencapaian duniawi mereka rela memutarbalikkan fakta. Saksi yang telah disumpah memberikan kesaksian palsu di pengadilan. Tersangka yang sudah terbukti bersalah justru menuntut balik dengan dalih pencemaran nama baik. Bahkan warga gereja pun sering melakukan intrik demi keselamatan diri yang semu. Parahnya lagi, ada sebagian orang yang dengan sengaja mau menerima kesaksian palsu sebagai kebenaran.

Kebenaran menurut kehendak Tuhan adalah landasan hidup orang Kristen. Memang, kebenaran Tuhan tidak selalu menyukakan hati jika dilihat dengan kacamata duniawi. Tak jarang kebenaran menjadikan kita marah, sedih, dan malu. Bahkan kita cenderung untuk membenci orang yang menyatakan kebenaran. Sesungguhnya, bukankah kebenaran Tuhan berguna untuk menyibak kesalahan kita, bahkan menelanjangi seluruh isi hati kita yang tersembunyi? Kiranya kebenaran pengajaran Kristus dinyatakan secara leluasa.

MENJADI KRISTEN BERARTI MENJADI BENAR, KARENA KRISTUS
TELAH MENGANGKAT KITA KE DALAM KEBENARAN SEJATI

sumber: http://www.renunganharian.net/2016/74-februari/1690-berpegang-pada-kebenaran.html

Posted on 18/02/2016, in Renungan Sore. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: