LEBIH BEBAL & BERPADANAN DENGAN INJIL

Edisi : Minggu, 07 Februari 2016

LEBIH BEBAL

Bacaan Alkitab: Yunus 1:1-7
Awak kapal menjadi takut, masing-masing berteriak-teriak kepada allahnya… Tetapi Yunus … tertidur dengan nyenyak (Yunus 1:5)

Dulu ia seorang aktivis gereja; pemain keyboard, rajin datang ke Persekutuan Doa, murah hati, bersungguh-sungguh dalam mengiring Yesus. Tapi ketika kecewa pada pendetanya, ia marah kepada Tuhan dan meninggalkan ibadah serta pelayanan. Bahkan, ia jadi sangat sinis terhadap Tuhan dan tak peduli pada orang lain. Sungguh aneh, tetapi hal semacam ini kerap terjadi, bukan?

Lihatlah Nabi Yunus. Ia tak setuju pada penugasan Tuhan atas hidupnya. Ia tidak ingin Allah mengasihani bangsa Asyur yang menjadi musuhnya. Yunus lupa bahwa Allah memilih Israel agar menjadi berkat bagi semua orang di muka bumi (Kej. 12:1-3, Yes. 49:3). Ia malah melarikan diri dari Allah, dan naik kapal menuju Tarsis. Ketika para pelaut di kapal itu terancam gelombang yang bergelora, mereka berseru memohon belas kasihan kepada ilah mereka. Namun Yunus malah tak peduli. Ia bersikap masa bodoh, dan tertidur nyenyak di bagian kapal yang paling bawah.

Ini bisa terjadi, bila seseorang yang pernah mengenyam kasih karunia Allah, kemudian berbalik menjauhi Allah. Hidupnya bisa menjadi lebih bebal dibandingkan orang dunia yang belum mengenal Tuhan Allah yang hidup

Kristus Yesus. Orang dunia bisa menjerit memohon pertolongan kepada ilah dunia ini. Tapi, si anak Tuhan yang jauh dari-Nya bisa menjadi tak peduli, tak berbelas kasihan, tak mau menolong orang dunia agar datang dan berseru kepada Allah yang benar. Apakah Anda sedang tertidur secara rohani? Banyak orang membutuhkan uluran tangan Anda. Bangunlah!

JIKA KEINGINAN HATIMU BEDA DENGAN KEINGINAN ALLAH
JANGAN KECEWA, SEBAB DIA TAHU MEMBERI YANG TERBAIK BAGIMU

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2016/02/05/renungan-sore-05022016

BERPADANAN DENGAN INJIL

Bacaan Alkitab: Filipi 1:27-30
Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Injil. (Filipi 1:27)

Seorang ayah memberikan tugas kepada anaknya untuk memotong-motong sebatang kayu. Untuk menolong anak itu, sang ayah memberikan contoh sepotong kayu dan menyuruhnya mengikuti potongan kayu itu. Lalu anak itu pun memotong kayu pertama dengan memakai contoh tersebut. Tetapi, anak itu lalu membuang contoh dari ayahnya dan memakai hasil potongan pertama untuk contoh potongan kayu kedua. Potongan kayu kedua untuk potongan kayu ketiga, begitu seterusnya. Setelah selesai, betapa kagetnya ia sebab potongan terakhir ternyata lebih panjang beberapa sentimeter dari contoh potongan kayu milik ayahnya.

Kepada jemaat di Filipi, Rasul Paulus menasihatkan supaya hidup mereka berpadanan dengan Injil Kristus. Tentu ada sesuatu yang mendorong Paulus sehingga ia memberikan peringatan dan nasihat ini. Paulus mengkhawatirkan jika ada injil lain yang diikuti oleh jemaat Filipi. Jika hidup mereka sudah tidak lagi menjadikan Injil Kristus sebagai penuntun hidup, tentu saja hidup mereka pun akan bergeser atau tidak sesuai lagi dengan pola yang tepat.

Injil Kristus adalah satu-satunya kebenaran yang patut kita ikuti. Ketika kita menyelaraskan hidup kita dengan Injil atau firman Allah, kita akan hidup sama seperti Kristus telah hidup. Apa yang seharusnya kita lakukan, bagaimana kita bersikap terhadap sesama, mestilah berpadanan dengan Kristus. Karena itu, jika kita mendapati hidup kita mulai melenceng, mari kembali kepada pola yang semula: Injil Kristus.

INJIL KRISTUS ADALAH TOLOK UKUR DAN PENUNTUN KEHIDUPAN KITA

 sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2016/02/06/renungan-sore-06022016

Posted on 07/02/2016, in Warta. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: