AWAS PALSU!

Bacaan Alkitab Sore 4 Februari 2016: Matius 7:15-23

Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba (Matius 7:15)

Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 9-10

Beberapa waktu lalu marak diberitakan soal jual-beli ijazah dan gelar akademik palsu. Aparat menduga, bisnis ilegal dapat berjalan karena ada keterlibatan “orang dalam” di perguruan tinggi tertentu. Tersangka mengaku meraup keuntungan dari satu ijazah S1 palsu sebesar 3 juta dan pembuatannya hanya perlu waktu 3 jam. Ijazah S2 palsu tarifnya lebih tinggi, mencapai 45 juta.

Alkitab juga mencatat banyak kepalsuan. Tuhan Yesus memperingatkan kita untuk waspada terhadap nabi palsu yang datang dengan menyamar seperti domba (Mat. 7:15). Mesias palsu dan nabi palsu akan datang dan berusaha menyesatkan orang-orang pilihan Tuhan (Mat. 24:23-27). Cara untuk melindungi diri dari kepalsuan adalah dengan mempelajari dan mengenal yang asli, yaitu kebenaran. Nah, apakah kebenaran itu? Menurut Pemazmur, firman Tuhan itu benar (Maz. 33:4). Yesus menyatakan, firman Tuhan adalah kebenaran (Yoh. 17:17).

Kepalsuan juga dapat terjadi pada orang yang merasa mengenal firman Tuhan, tetapi mereka hanya mau melakukan firman yang sesuai dengan keinginan mereka. Mereka mengambil ayat Kitab Suci secara terpotong-potong, tidak utuh, dan memandangnya sebagai kebenaran, padahal itu adalah kepalsuan belaka.

Supaya kita tidak disesatkan oleh kepalsuan, kita perlu membaca, mempelajari, dan memahami Alkitab dan menilai semua pengajaran berdasarkan Alkitab. Biarlah kita seperti Rasul Paulus yang memiliki komitmen untuk selalu menyatakan kebenaran dan tidak memalsukan firman Allah (2 Kor. 4:2).

DENGAN MENGENALI YANG ASLI SEBAIK MUNGKIN,
KITA AKAN TERHINDAR DARI YANG PALSU

sumber: http://www.renunganharian.net/2016/74-februari/1674-awas-palsu.html

Posted on 04/02/2016, in Renungan Sore. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: