RESOLUSI

Bacaan Alkitab Sore 1 Januari 2016: Yakobus 4:13-17

Sebenarnya kamu harus berkata, “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” (Yakobus 4:15)

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 1-3

Resolusi. Kata ini sangat identik dengan Tahun Baru. Orang-orang membuat daftar berisi komitmen, rencana, harapan, dan cita-cita yang akan mereka perbuat di tahun yang baru. Namun, dari hasil percakapan dengan banyak teman, resolusi ini kandas bahkan sebelum Januari berakhir. Seorang rekan bahkan berkata, “Resolusi saya tahun ini adalah menyelesaikan target yang terbengkalai tahun lalu, yang sudah saya targetkan sejak tahun sebelumnya.”

Membuat berbagai perencanaan untuk dilakukan di masa depan adalah hal yang baik. Namun, Yakobus mengingatkan kita akan satu hal: Jangan melupakan Tuhan di dalamnya. Mengapa? Karena kita sama sekali tidak memiliki kuasa atas waktu yang akan datang. Hidup kita sama fananya dengan uap yang dapat hilang dalam sekejap. Tidak melibatkan Tuhan menjadikan kita seorang yang congkak (ay.16), mengira kita berkuasa atas hidup kita.

Tidak ada salahnya membuat resolusi di Tahun Baru ini. Namun kita harus ingat prinsip, “Jika Tuhan menghendakinya.” Ini tidak berfungsi sebagai pemanis kata-kata, supaya terkesan rohani. Ketika kita mengucapkannya, kita sungguh-sungguh berserah kepada Tuhan, melibatkan Dia dalam segala perencanaan kita, karena dengan perkenan-Nyalah kita dapat melakukan apa pun. Dengan melibatkan Tuhan, kita pun akan serius dengan resolusi atau komitmen yang kita buat. Dan kalaupun kita tidak membuat resolusi tertentu, itu tak jadi soal, yang penting kita selalu melibatkan Tuhan dalam menjalani Tahun Baru ini dalam anugerah-Nya.

DALAM SETIAP PERENCANAAN KITA, JANGAN JADIKAN TUHAN
SEBAGAI PENONTON, MELAINKAN SEBAGAI PEMIMPIN DAN PENASIHAT

sumber: http://renunganharian.net/2016/73-januari/1639-resolusi.html

Posted on 01/01/2016, in Renungan Sore. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: