SOSIS UNTUK ADIK & MENGUCAPKAN TERIMA KASIH

Edisi : Minggu, 22 November 2015

SOSIS UNTUK ADIK

Bacaan Alkitab: 2 Raja-Raja 7:3-20

Dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. (Filipi 2:4)

Sore itu Liana membawa dua anaknya mencari kupu-kupu di lahan kosong dekat rumah. Datanglah dua anak laki-laki kurus membantu mereka. Sesudahnya, Liana mengajak dua anak kurus itu ke rumahnya dan memberi mereka nasi goreng dengan sosis dan telur. Dengan lahap mereka menyantapnya. Namun, salah seorang di antara mereka meninggalkan sosisnya di piring. ”Kok sosisnya tidak kamu makan? Tidak suka ya?” tanya Liana. ”Suka, Bu,” jawab anak itu, ”Tapi saya mau membawa pulang sosis ini untuk adik saya. Ia tidak pernah makan sosis.” Peristiwa itu menginspirasi Liana Christanty untuk mendirikan Yayasan Kasih Pengharapan dan sekolah gratis Pelita Permai di Simpang Darmo, Surabaya.

Ketika terjadi kelaparan hebat di Samaria, sementara tentara Aram mengepung mereka, empat orang kusta memberanikan diri masuk ke perkemahan tentara Aram. Ternyata tidak ada satu tentara pun karena Tuhan telah membuat mereka lari lintang-pukang sebelumnya. Mereka makan dan minum dengan lahap, lalu mengangkut emas, perak, dan pakaian yang ada. Namun, akhirnya mereka menyadari, tidak patut mereka menikmati sendiri rezeki nomplok tersebut, dan tidak mengabarkannya kepada yang lain. Mereka pun menghadap kepada raja untuk memberitahukan hal tersebut.

Setiap orang memiliki kepentingan. Tidak salah jika kita memenuhi kepentingan pribadi. Tetapi menjadi sangat salah apabila kita hanya memperhatikan kepentingan kita sendiri, sedangkan kita mampu (tetapi tidak mau) berbuat sesuatu untuk memenuhi kepentingan sesama.

BERKAT BILA DIBAGIKAN TIDAK AKAN BERKURANG,
JUSTRU YANG DIBERKATI JADI BERTAMBAH

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2015/11/21/renungan-sore-21112015

MENGUCAPKAN TERIMA KASIH

Bacaan Alkitab: 2 Tawarikh 20:1-37

Pada hari keempat mereka berkumpul di Lembah Pujian. Di sanalah mereka memuji TUHAN, dan itulah sebabnya orang menamakan tempat itu Lembah Pujian hingga sekarang. (2 Tawarikh 20:26)

Edward Kramer dari St. Louis, Missouri, mengajarkan sebuah prinsip sederhana tentang berterima kasih. Ia mengajari mereka untuk mencari kebaikan tiga orang yang mereka kenal. Orang itu mungkin guru, tukang kebun, pak pos, polisi, pelayan di rumah, atau siapa saja yang membuat anak-anak itu bersyukur akan kehadirannya. Kemudian ia mendorong anak-anaknya menulis surat untuk mengekspresikan rasa terima kasih mereka.

Suatu kali bani Moab dan bani Amon bersatu melawan raja Yosafat. Karena ketakutan, Yosafat lalu mengambil keputusan mencari Tuhan dan berdoa. Lalu Yahazie, seorang Lewi tiba-tiba dipenuhi Roh Allah dan berseru agar umat Allah jangan takut. Mereka harus turun ke lembah mendapati musuh sebab Allahlah yang akan memberi kemenangan. Kemudian orang Lewi dari bani Kehat dan bani Korah bangkit berdiri untuk menyanyikan puji-pujian bagi Tuhan. Keesokan harinya, Tuhan membuat bani Moab dan bani Amon saling membunuh. Setelah itu, Yosafat dan orang-orangnya mendapatkan kemenangan besar dan memperoleh banyak benda berharga. Mereka pun berkumpul di Lembah Pujian dan memuji Dia yang sudah melakukan perkara ajaib. Peristiwa ini begitu penting sehingga tempat tersebut dinamai Lembah Pujian hingga sekarang. Tanda terima kasih itu diungkapkan dengan pujian yang nyata dan jelas.

Ketika mendapatkan pertolongan atau merasakan kebaikan dari orang lain, kita biasanya berterima kasih secara nyata. Demikian pula kepada Allah, kita patut memuji segala kebaikan-Nya.

BERTERIMA KASIH KEPADA SESEORANG TANPA MENGUNGKAPKANNYA
ADALAH SAMA DENGAN MEMBUNGKUS KADO TANPA MEMBERIKANNYA

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2015/11/20/renungan-sore-20112015

Posted on 22/11/2015, in Warta. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: