MAINKAN PERANMU! & ORANG APAKAH DIA INI?

Edisi : Minggu, 11 Oktober 2015

MAINKAN PERANMU!

Bacaan Alkitab: Efesus 6:1-4

Dan kamu, Bapak-bapak, janganlah bangkitkan kemarahan di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. (Efesus 6:4)

Saat bermain peran, Aldo, anak TK, sering menyisipkan adegan pertengkaran. Misalnya, ketika ia memerankan seorang ayah, ia memaki temannya yang berperan sebagai ibu. Usut punya usut, ia kerap melihat pertengkaran kedua orangtua di rumah. Dan, secara sadar atau tidak sadar, ia belajar memaki dari perilaku orangtuanya.

Membaca Efesus 6:1-3 rasanya sangat melegakan orangtua. Ayat ini mendorong anak-anak agar menghormati orangtua. Tidak main-main, karena perintah penting ini bersumber dari Allah sendiri. Bahkan, perintah itu mengandung janji kebahagiaan dan panjang umur di dunia ini.

Namun, sebagai orangtua tidak sepatutnya kita menjadi angkuh. Kita perlu memperhatikan ayat 4, yang menunjukkan peran orangtua. Ayat itu menyatakan dengan jelas bahwa orangtua bertanggung jawab mendidik anak dengan baik sesuai dengan kemauan Tuhan. Tidak benar jika orangtua hanya menuntut penghormatan anak-anak. Orangtua juga tidak diperkenankan membuat anak-anak jengkel dengan hardikan atau kata-kata kasar yang menyakitkan hati. Hal itu dapat membuat anak kehilangan rasa percaya kepada orangtua, bahkan membuat mereka berani memberontak.

Mendidik anak merupakan peran yang harus dilakukan bersama oleh pasangan suami-istri. Mendidik anak bukan sekadar ambisi yang cukup diungkapkan melalui perkataan atau nasihat, melainkan perlu disampaikan pula melalui keteladanan. Oleh karena itu, sebagai orangtua, kita harus memainkan peran yang sesuai dengan karakter Kristus dalam mengasuh anak.

PENGASUHAN ANAK TAK CUKUP HANYA DENGAN PERKATAAN,
TETAPI PERLU DIDUKUNG DENGAN KETELADANAN

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2015/10/10/renungan-sore-10102015

ORANG APAKAH DIA INI?

 Bacaan Alkitab: Matius 8:23-27

Lalu bangunlah Yesus membentak angin dan danau itu, sehingga danau itu menjadi teduh sekali. Orang-orang itu pun heran dan berkata, “Orang seperti apa Dia ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?” (Matius 8:26-27)

Orang apakah Dia ini? Dia sama dengan kita, tetapi juga sangat berbeda dari kita. Seperti kita, Dia dapat menjadi lelah dan perlu tidur. Tetapi, berbeda dari kita, Dia berbicara dan mendiamkan angin ribut. Dia dilahirkan oleh anak dara, dan Dia tidak memiliki ayah biologis; sesungguhnya, Dia Anak Tunggal Allah yang dikandung dari Roh Kudus. Dia merasa lapar, tetapi Dia juga mampu memberi makan 5.000 orang dari hanya lima roti dan dua ikan.

Dia telah dicobai dalam segala hal, tetapi, tidak seperti kita, Dia tidak berbuat dosa. Dia mati, tetapi Dia bukan sekadar mengembuskan napas terakhir, melainkan mati untuk menebus dosa seluruh dunia. Dia juga dikuburkan, tetapi pada hari ketiga Dia bangkit dari antara orang mati, selaras dengan perkataan-Nya: “Akulah kebangkitan dan hidup, barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan mati selama-lamanya walaupun ia sudah mati” (Yoh. 11:25).

Orang apakah Dia ini? Dia hidup, mati, dan bangkit kembali untuk memberikan kehidupan kekal kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Dia bisa mengampuni dosa, termasuk mengampuni mereka yang membunuh-Nya, juga mengampuni dan menyelamatkan orang jahat di kayu salib (Luk. 23:43). Dan Dia sampai sekarang masih menyelamatkan setiap orang yang percaya kepada-Nya apa pun dosa mereka (Yoh. 3:16).

Orang apakah Dia ini? Siapakah Yesus ini? Bersyukurlah kepada Yesus karena Dia telah menyelamatkan kita dan menciptakan kita kembali menjadi serupa dengan diri-Nya.

DIA SAMA DENGAN KITA SEHINGGA DAPAT MEMAHAMI KITA.
DIA BERBEDA DARI KITA SEHINGGA DAPAT MENYELAMATKAN KITA.

sumber: https://gbimutiara.wordpress.com/2015/10/09/renungan-sore-09102015

Posted on 11/10/2015, in Warta. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: