MEMATIKAN KESERAKAHAN

Bacaan Alkitab Sore 13 September 2015: 1 Timotius 6:6-10

Karena itu, matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi… juga keserakahan yang sama dengan penyembahan berhala. (Kolose 3:5)

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 43-45

Keserakahan ibarat penyakit yang mewabah. Dengan gampang orang menjarah milik orang lain, dengan mudah teman makan teman, atau ada yang rela memutuskan hubungan persaudaraan karena berebut warisan. Manusia sulit mengontrol hasrat untuk memiliki apa yang bukan haknya. Keinginan manusia yang tidak terbatas, menjadikan sifat rakusnya tak terkendali. Akibat keserakahan, tidak sedikit orang yang harus berhadapan dengan penegak hukum dan menghuni hotel prodeo.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa akar segala kejahatan adalah cinta akan uang. Karena tidak puas dengan pendapatan yang halal, ketika ada kesempatan, seseorang berubah jadi serakah. Mirisnya, ada yang membenarkan diri dengan dalih bahwa hasil “kerjanya” digunakan untuk membantu anak yatim, membangun sekolah, bahkan gereja. Tujuan mulia yang tercoreng oleh cara pandang yang keliru.

Pada dasarnya Tuhan tidak melarang seseorang memiliki kekayaan, dan juga tidak menganjurkan umat-Nya hidup miskin. Yang membahayakan adalah sikap serakah dalam memperoleh kekayaan. Orientasi hidup yang hanya ditujukan untuk memenuhi keinginan duniawi, itulah yang salah. Tuhan menginginkan, ketika kita dipercaya mendapatkan banyak berkat, ada tanggung jawab untuk mengelola dan menyalurkan berkat itu dengan cara yang benar dan berkenan di hadapan Tuhan. Ketika kita tahu cara menyalurkan berkat secara benar, kekayaan yang Tuhan percayakan kita gunakan untuk kemuliaan-Nya.

KESERAKAHAN DAPAT DIHENTIKAN
KETIKA KITA RELA MENJADI SALURAN BERKAT BAGI SESAMA

sumber: http://www.renunganharian.net/2015/68-september/1526-mematikan-keserakahan.html

Posted on 13/09/2015, in Renungan Sore. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: