Ketaatan cermin kesetiaan

Bacaan Alkitab siang hari ini: Matius 26:36-46

Kisah ini mengungkapkan beratnya pergumulan yang dihadapi oleh Yesus. Sebagai manusia, Yesus mengalami kesedihan dan ketakutan yang mendalam (37). Bahkan ketakutan dan kesedihan-Nya itu Ia ungkapkan dengan pernyataan, ” .. seperti mau mati rasanya” (38). Ia yang sebelumnya selalu digambarkan pergi menyendiri untuk berdoa, kini minta ditemani oleh ketiga murid-Nya (38). Yesus berdoa sampai tiga kali untuk mengungkapkan betapa beratnya salib yang harus Ia pikul. Ia pada akhirnya tetap taat untuk melakukan kehendak Bapa-Nya (46).

Ketaatan Yesus sekalipun dalam situasi yang berat, yaitu menghadapi kematian dan pengkhianatan Yudas, dan ketidakmengertian para murid-Nya, oleh penulis Injil Matius dikontraskan dengan sikap yang ditunjukkan oleh para murid, khususnya Petrus dan anak-anak Zebedeus. Mereka diminta untuk berdoa dan menemani Yesus dalam menghadapi pergumulan-Nya. Mereka justru tertidur. Bahkan sampai tiga kali Yesus datang dan mengingatkan mereka, mereka juga tidak sanggup untuk berdoa dan berjaga-jaga.

Memang tidak mudah untuk menunjukkan ketaatan apalagi jika diperhadapkan pada situasi seperti yang dialami oleh Yesus. Mampukah manusia taat pada Allah dalam situasi genting, menakutkan, bahkan menyangkut hidup-matinya sendiri? Kalau ketiga murid Yesus tidak mampu untuk taat berdoa dan berjaga, apalagi kita? Melalui kisah ini, Yesus menunjukkan bahwa hanya doa dan penyerahan diri kepada Allah yang akan memampukan seseorang untuk tetap taat kepada-Nya sekalipun dalam situasi yang sangat sulit dan penuh penderitaan.

Doa dan penyerahan diri pada Allah akan memberikan kekuatan dan kemampuan bagi manusia untuk taat di tengah-tengah situasi yang tidak mungkin untuk taat. Ketaatan akan lahir jika kita mau menyerahkan diri sepenuhnya pada kehendak Allah. Allah menjadi sumber kekuatan kita, bukan karena sumpah dan janji. Ketaatan yang lahir dari penyerahan diri pada kehendak Allah adalah cerminan dari kesetiaan kita pada Allah.

sumber: http://saatteduh.wordpress.com/2013/03/23/ketaatan-cermin-kesetiaan/

About these ads

Posted on 23/03/2013, in Renungan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 207 other followers

%d bloggers like this: