Perbuatan vs Iman? (1)

Bacaan Alkitab hari ini: Roma 9

Janji Allah kepada manusia tidak pernah didasarkan kepada kelayakan manusia sebagai si penerima janji, tetapi semata-mata didasarkan pada anugerah dan kedaulatan Allah. Anugerah Allah membuat Dia memberikan janji kepada manusia yang tidak layak untuk menerima janji tersebut. Kedaulatan Allah membuat Dia sendiri yang menentukan kepada siapa janji-Nya Dia berikan. Bangsa-bangsa lain tidak bisa protes terhadap tindakan Allah memilih Israel sebagai bangsa penerima janji-janji Allah. Sebaliknya, bangsa Israel seharusnya menerima janji Allah dengan penuh rasa syukur karena sebenarnya mereka tidak memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain.

Sangat disayangkan bahwa bangsa Israel keliru dalam hal yang sangat mendasar, yaitu bahwa mereka berusaha untuk dibenarkan oleh Allah bukan karena iman melainkan karena perbuatan ketaatan kepada hukum Taurat (9:32), padahal tidak mungkin mereka sanggup menaati hukum Taurat dengan sempurna. Bangsa Israel gagal untuk menyadari bahwa kebenaran itu hanya dapat dicapai melalui iman kepada Yesus Kristus. Walaupun Israel telah dipilih sebagai bangsa yang menurunkan Yesus Kristus, Sang Mesias itu, namun Israel sebagai sebuah bangsa justru menolak Kristus. Hal itu patut disayangkan sehingga Rasul Paulus bersedia untuk menjadi terkutuk dan terpisah dari Kristus bila hal itu bisa membuat bangsa Israel memperoleh pembenaran di dalam Kristus (9:3). Hati Paulus yang amat peduli terhadap bangsanya itu amat kontras dengan sikap orang Kristen pada masa kini yang merasa puas karena sudah menerima pembenaran di dalam Kristus dan tidak peduli terhadap bangsa-bangsa yang belum mendengar berita Injil. 

Roma 9:31-32
“Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu. Mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan.”

sumber: http://saatteduh.wordpress.com/2013/02/21/perbuatan-vs-iman-1/

About these ads

Posted on 21/02/2013, in Renungan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 222 other followers

%d bloggers like this: